Konsumsi BBM Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016

Mitsubishi Pajero Sport baru saja mengeluarkan varian terbarunya yakni All New Pajero Sport 2016 dengan mesin lebih kecil (2442 cc) akan tetapi tenaga lebih besar (181 Hp), varian terbaru Mitsubishi Pajero Sport ini memakai kode mesin 4N15 berbeda dengan sebelumnya yang masih berkode 4D56. Mobilku.org telah banyak mengulas mengenai kemampuan mesin, sistem penggerak sampai fitur-fitur apa saja yang dibenamkan pada mobil Pajero 2016 yang bisa dibaca pada artikel Spesifikasi Pajero Sport 2016 ataupun desain pajero sport 2016, lantas bagaimana dengan konsumsi BBMnya, dengan tenaga yang lebih besar apakah lebih boros?

Dugaan pertama kami adalah mesin lebih baru akan lebih irit karena memakai ukuran mesin yang lebih kecil dari sebelumnya, hal ini tak salah dimana penurunan kapasitas mesin memang ditujukan untuk efisiensi penggunaan BBM. Pihak mitsubishi mengklaim bahwa mesin Pajero Sport terbaru ini memiliki konsumsi BBM 5% lebih irit dari mesin pajero generasi sebelumnya (yang berkode 4D56), mesin lawas pajero ini masih dibenamkan pada Pajero Sport GLX dan Exceed 2016 dimana tenaganya juga jauh berbeda dengan mesin yang baru, tanpa turbo mesin lama hanya bertenaga 136 Hp saja berbeda dengan mesin baru dan dilengkapi turbo yang cukup meningkatkan tenaganya

Menurut pihak mitsubishi bahwa iritnya mesin pajero sport baru tersebut bukan semata-mata pada mesin yang lebih kecil saja akan tetapi penggunaan transmisi 8 percepatan pada pajero sport 2016 juga turut memperhalus hentakan mesin sehingga menambah ringan kinerja mesin. Pihak Mitsubishi mengklaim bahwa konsumsi BBM Pajero Sport 2016 (4×2) adalah 1:12,5 sedangkan yang bertransmisi 4×4 konsumsi BBMnya 1:12,3 terpaut sedikit saja.
Sebagai mobil diesel dengan tenaga yang besar maka konsumsi BBM pada kisaran 1:12 sudah termasuk irit, jika kita bandingkan dengan hartop yang memiliki konsumsi BBM 1:5 atau 1:7 jelas jauh berbeda, ambil contoh juga Isuzu panther konsumsi BBMnya berkisar di angka 1:14 akan tetapi dengan tenaga yang jauh dibawah Pajero.
Konsumsi BBM Pajero bisa dikatakan seimbang dengan Toyota Fortuner sebagai rival terdekatnya dimana pada rute kombinasi sekitar 1:12,5 untuk fortuner diesel 4×4, akan tetapi perbedaan pada tenaganya dimana Pajero bertenaga 181 Hp sedangkan Fortuner hanya sekitar 150 Hp (tenaga kuda). Akselerasi Pajero Sport Dakar 4×4 juga lebih baik daripada Fortuner dimana akselerasi Fortuner 100 KPJ dari 0 KPJ dalam waktu 12,9 detik sedangkan Pajero Sport 4×4 haya membutuhkan waktu 10,6 detik saja (menurut tes autobild)

Nah gimana bro? cukup masuk gak mesin pajero sport dakar terbaru ini?
Untuk harga, berikut ini adalah rinciannya
* Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×2 MT: 495 Juta Rupiah
* Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT: 446 Juta Rupiah
* Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT: 496 Juta Rupiah
* Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 AT: 623 Juta Rupiah

yang perlu dicatat bahwa untuk varian GLX dan Exceed mesin memakai mesin yang lama dan tenaganya hanya 136 Hp (tanpa turbo), sedangkan mesin fortuner baru sudah dibenamkan pada varian Dakar (2 varian terakhir) dengan tenaga 181 Hp. Dari pesanan yang sudah banyak masuk ke Mitsubishi Indonesia ternyata konsumen paling banyak membeli yang tipe Dakar 4×2 AT dengan harga 496 juta rupiah, meskipun berpenggerak 4×2 tapi selisih harganya terbilang jauh dibawah varian 4x4nya tenaganyapun sama-sama 181 Hp

 

harga pajero sport

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s